Selasa, 10 Januari 2012

ALGORITMA DAN FLOWCHART


sebeonnya makasih buat kalian yang udah kunjungin blog ini, gw gataw kalian bisa kesini gara-gara apa.. mungkin karna petunjuk dari pak google, ato mungkin kalian emang langsung dapet ilham buat kesini, hehehe..
untuk kali ini, gw bakal bagiin basic knowledge tentang programming, (buat yang udah jago programming ga usah kecewa abis baca ini, gw recommend untuk skip baca artikel ini). disini gw bakal bagiin pengetahuan yang mungkin bener-bener basic dari ilmu programming, 80% ini bakal ngebosenin banget. tapi ibarat loe bangun sebuah rumah, semegah apapun rumah yang udah loe bangun kalo fondasinya ga bener-bener kuat maka rumah loe bakal gampang banget roboh, n demikian juga dengan programming, meskipun loe udah jago banget coding, loe udah hafal 1 juta script, tapi ternyata pengetahuan dasar programming loe belon tahu, gw rsa itu percuma. (ini cua prinsip pribadi gw, ga perlu ditanem di otak kalian).
ok deh, sekarnag kita mulai ya, ada 2 hal yang bakal gw bahas disini, yaiiu algoitma dan flowchart.
ALGORITMA adalah adalah sistematika logika pemecahan atau penyelesaian suatu masalah secara berurutan.
contohnya gini… kalian pada udah bisa penjumlahan kan?? kalo misalnya adek loe yang namanya si andi nanya: 2 + 3 berapa sih k?? pasti kalian bakal jawab 5 kan?? nah kalo kita misalnya buat algoritma penjumlahan tersebut kira-kira kaya gini:
1. kita menangkap/mengetahui bilangan pertama yang disebutkan oleh andi (dalam masalah ini =>2
2. kita menangkap/mengetahui bilangan kedua yang disebutkan oleh andi (dalam masalah ini =>3)
3. Otak kita akan memproses penjumlahan kedua bilangan tersebut (dalam masalah ini => 2+3)
4. setelah selesai menghitung maka kita akan memberitahu jumlahnya pada andi (dalam masalah ini =>5)
gimana pada ngerti kan??
Sekarang kita bahas flowchart, flowchart atau bisanya disebut diagram alir adalah grafik yang membantu untuk menggambarkan algoritma. kalo kita buat flowchart masalah yang tadi , kira-kira gini:
http://melodiazz.files.wordpress.com/2010/10/contoh.png?w=171&h=300

Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program. Gambar berikut adalah symbol flowchart yang umum digunakan.
  • 1 Simbol Proses
  • 2 Simbol Keputusan
    Digunakan untuk penyeleksian kondisi di dalam program
  • 3 Simbol input / output data
    Digunakan untuk mewakili input atau output data
  • 4 Simbol titik terminasi
    Digunakan untuk awal atau akhir suatu program
  • 5 Simbol garis alir
    Digunakan untuk menunjukkan arus dari suatu proses



nah untuk kali ini sampe sini aja dulu ya, yang penting kita bener-bener ngerti tentang kedua hal ini. selanjutnya nanti gw bakal share lagi ilmu programming dasar yang rada-rada difficult deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar